Pages

Ads 468x60px

Labels

Keraton Kanoman Cirebon

Salah satu bekas peninggalan sejarah yang terdapat di Kota Cirebon adalah Keraton Kanoman. Keraton ini adalah  salah satu objek wisata sejarah terkenal di Kota Cirebon yang kita kenal sebagai Kota Udang. Keraton Kanoman merupakan pusat pemerintahan dan pusat peradaban Kesultanan Cirebon yang di kemudian hari terpecah menjadi empat, yakni Keraton Kanoman, Keraton Kasepuhan, Keraton Kacirebonan, dan Keraton Keprabon. Kemasyuran dan kebesaran Islam di Jawa Barat tidak lepas dari  andil Kesultanan Cirebon.

Nah, berbicara tentang Kota Berintan Cirebon, tentu kita tidak bisa lepas dari sosok Syeh Syarif Hidayatullah yang dikenal sebagai Sunan Gunung Jati. Beliau mendapat tanggung jawab dalam penyebaran agama Islam di Jawa Barat, khususnya Cirebon.


Jejak peninggalan Sunan Gunung Jati yang hingga kini masih berdiri tegak adalah Keraton Kanoman. Adat istiadat dan pakem leluhur masih taat dipegang di Keraton Kanoman, salah satu diantaranya adalah melaksanakan tradisi Grebeg Syawal seminggu setelah Idul Fitri dan berziarah ke makam Sunan Gunung Jati yang berada di Desa Astana, Cirebon Utara.

Kompleks Keraton Kanoman mempunyai luas sekitar 6 hektar, terdiri dari dua puluh tujuh bangunan kuno. Salah satu diantaranya adalah saung yang diberi nama Bangsal Witana, merupakan cikal bakal keraton dengan luasnya hampir menyerupai luas lima kali lapangan sepak bola. Raja Muhammad Emiruddin berserta keluarga tinggal di dalam keraton ini sebagai Sultan Keduabelas. Barang-barang milik Sunan Gunung Jati seperti dua kereta bernama Paksi Naga Liman dan Jempana masih terawat baik dan tersimpan di dalam keraton ini. Adapun bentuk dari kereta tersebut seperti bentuknya buroq, yakni hewan yang dikendarai Nabi Muhammad ketika beliau Isra Mi'raj. Ada juga bangsal Jinem atau pendopo untuk menerima tamu, penobatan sultan dan pemberian restu sebuah acara seperti Maulid Nabi. Sedangkan Siti Hinggil merupakan kompleks bangunan yang terdapat di bagian tengah keraton.

Ada beberapa hal yang menarik dari Keraton di Cirebon, diantaranya :
  • Piring-piring porselen asli Tiongkok menjadi penghias dinding semua keraton di Cirebon. 
  • Piring-piring keramik itu bertebaran hampir di seluruh situs bersejarah di Cirebon. 
  • Semua keraton di Cirebon selalu menghadap ke utara.
  • Ada patung macan sebagai lambang Prabu Siliwangi. 
  • Selalu ada alun- alun di depan keraton untuk rakyat berkumpul. 
  • Ada pasar sebagai pusat perekonomian. 
  • Ada masjid di sebelah timur keraton.
 Demikianlah sedikit uraian mengenai Keraton Kanoman dan bila Anda ingin mengunjunginya, silakan bisa menghubungi layanan di bawah ini.

 Informasi ini dipersembahkan oleh "Happy Car Rental"
( Sewa Mobil Murah Di Cirebon - Rental Mobil Murah Di Cirebon )
PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna, Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
Telp. 08156407913 / 081298476511

0 komentar:

Posting Komentar