Pages

Ads 468x60px

Labels

Objek Wisata Cibulan: Primadona Wisatawan Paling Unik di Kuningan

Objek wisata Cibulan merupakan objek wisata hutan air dimana banyak pohon besar yang sudah berumur tua dan mempunyai sumber air yang sangat jernih terletak di Desa Maniskidul, Kecamatan Jalaksana, sekitar 7 km dari Kota Kuningan. Ini merupakan objek wisata tertua di Kabupaten Kuningan, Jawa Barat yang diresmikan pada 27 Agustus 1939 oleh Bupati R.A.A Muhammad Ahmad. 

Kolam untuk berenang yang terdiri dari 3 kolam renang (khusus anak-anak;remaja;dan dewasa) ini berisi ikan langka sejenis Kancra Bodas (putih) yang disebut sebagai ikan dewa. Ikan ini super jinak berukuran hampir sebesar bayi manusia sehingga sering menjadi objek pemotretan bagi para wisatawan yang tiba ke sana.

Konon objek wisata ini merupaan situs perjalanan para wali yang menyebarkan agama Islam di Pulau Jawa, dan juga terdapat situs petilasan Prabu Siliwangi, Raja Pajajaran dimana ada tujuh sumber air yang dikeramatkan. Ketujuh mata air terdiri dari kolam-kolam yang mempunyai nama tersendiri. Sumur pertama, disebut Kejayaan.Kedua, Kemuliaan. Ketiga, pengabulan. Keempat, Cirencana. Kelima, Cisadane. Keenam, Kemudahan. Ketujuh, Keselamatan. Pokoknya Cibulan merupakan objek wisata paling unik dan magis di Kuningan.

Mau tahu, apa makanan kesukaan ikan Dewa ini? Percaya gak percaya, setiap malam Jumat Kliwon diberi makan apel merah. Apel merah merupakan makanan favorit ikan Dewa.

0 komentar:

Posting Komentar