Pages

Ads 468x60px

Labels

7 Langkah Mudah Merawat Aki Mobil

Aki mobil adalah sumber paling utama aliran listrik di mobil. Tidak ada aki, Anda tak dapat menghidupkan mobil, kecuali Anda ingin mendorong mobil, namun sudah pasti itu hal yang merepotkan.

Lantaran sifatnya yang amat utama dalam suatu mobil, aki mesti dirawat sebagus mungkin supaya bisa bekerja optimal dalam periode waktu yang lama.

Karenanya, di bawah ini kami memberikan tujuh panduan untuk menjaga aki mobil :

Bersihkan Aki
Janganlah lupa selalu untuk bersihkan terminal aki supaya tak berlangsung penumpukan korosi. Penumpukan korosi bakal menghalangi arus listrik dari aki ke kabel paling utama pengantar listrik.

Memanaskan Mobil
Kecuali bermanfaat untuk mesin mobil tersebut, memanaskan mobil saat sebelum dipakai pula bermanfaat untuk menjaga aki mobil. Aki yang sudah panas menyajikan listrik yang lebih stabil dibanding aki yang masih tetap dingin.

Menyalakan Alat Elektronik Sesudah Mesin Hidup
Saat sebelum mesin mobil dihidupkan, baiknya Anda janganlah menyalakan alat-alat elektronik dahulu, terlebih alat elektronik yang memerlukan daya besar, seperti AC, wiper, jendela, serta charger. Begitupun saat bakal mematikan alat-alat elektronik, baiknya dikerjakan saat sebelum mesin mobil dimatikan supaya muatan listrik di aki tak menyusut.

Melepas Aki Apabila Tak Digunakan
Apabila mobil Anda tak bakal dipakai dalam periode waktu lama, umpamanya kian lebih 1 minggu, lepaskanlah kabel listrik paling utama dari aki. Hal semacam itu untuk menghindar terjadinya korslet atau tersedotnya listrik aki sampai habis.

Parkir di Tempat Terlindung
Meskipun aki telah tertutup oleh kap mesin, tetap harus panas dari matahari bisa bikin aki mobil panas. Umur aki mobil bisa jadi lebih pendek jika suhu aki mobil kerap terlampau panas. Karenanya, saat diparkir di jalanan, pastikan ruang yang teduh supaya aki mobil tak kepanasan. Lain perihal saat mobil bergerak, karena ada angin yang bakal mendinginkan suhu aki.

Isi Daya Atau Air Aki
Untuk tipe aki basah, hal yang paling penting untuk dikerjakan ialah mengecek level air aki supaya senantiasa diatas batas bawah. Intinya, jangan sempat air aki kurang atau habis. Bila hingga habis, dapat di pastikan aliran listrik pula bakal habis. Periksalah level air aki dengan cara teratur jika mobil Anda dipakai sehari-hari, umpamanya tiap-tiap dua minggu.

Untuk tipe aki kering, Anda tak butuh terus-terusan mengecek aki karena aki kering tak memakai air aki yang cepat habis. Sebulan sekali ialah saat yang minimum untuk mengecek aki kering. Saat isi daya atau men-charge aki kering, jangan sempat berlangsung overcharging, karena dapat memperpendek usia pemakaian aki. Pakai charger automatis untuk membatasi pengisian aki.

Terminal Aki
Panduan yang paling akhir ialah mengecek terminal aki supaya dalam situasi yang tak kendur serta tak karatan. Bila terminal aki kendur atau karatan bisa mengakibatkan aliran listrik yang tak stabil, serta yang paling kronis bisa mengakibatkan terjadinya percikan atau ledakan. Supaya terlepas dari karat, terminal aki mesti sering-sering dibikin bersih memakai sikat kawat.


Tips ini dipersembahkan oleh "Happy Car Rental"
( Sewa Mobil Murah Di Cirebon - Rental Mobil Murah Di Cirebon )
PT. Budhi Surya Sejahtera - Pondok Avicenna,
Jl. Taman Pemuda No. 2 Cirebon
Telp. 08156407913 / 081298476511

0 komentar:

Posting Komentar