Pages

Ads 468x60px

Labels

Curug Bangkong - Kuningan

Curug Bangkong memiliki ketinggian 23 meter dengan lebar sekitar 3 meter.  Daya tarik utama Curug ini terletak bila musim hujan tiba, dimana debit airnya akan membesar, menciptakan air terjun yang terbelah menjadi dua.

Selain di balik keindahan fenomena di atas, ternyata ada hal yang lain berupa cerita-cerita dari 'dunia lain' yang selalu mewarnai keberadaannya.  Kabarnya, banyak pengunjung datang ke curug ini tak sekedar melancong, tapi untuk tujuan lain, seperti mencari berkah dan berburu kesaktian.   

Lokasi Terletak di Desa Kertawiratma, Kecamatan Nusaherang, Kabupaten Kuningan, Propinsi Jawa Barat.

Peta dan Koordinat GPS: 7°0'18"S   108°25'28"E


AksesbilitasBerjarak + 9 km dari kota Kuningan, atau 44 km dari kota Cirebon atau + 63 km dari kota Ciamis.  Pintu masuk ke curug ini terletak di jalan raya Ciamis - Kuningan tepatnya di Desa Kertawirama, dimana pintu gerbangnya terpampang plang bertuliskan Obyek Wisata Curug Bangkong di sebelah kanan jalan jika dari datang dari arah Kuningan.  Sedangkan kalau dari arah Ciamis, posisi papan penunjuk tersebut akan terlihat di sebelah kiri jalan, setelah + 3 km melewati kawasan objek wisata Waduk Darma.

Selanjutnya dari pintu gerbang perjalanan diteruskan mengikuti jalan desa dengan posisi menurun.  Jarak dari pintu gerbang ini sekitar 700 meter menuju lokasi.
Sayangnya di penghujung jalan dimana curug ini berada, sepanjang + 400 m, keadaan lebar badan jalan hanya berkisar 1,25 m.  Sehingga dengan demikian, sekalipun jalan tersebut beraspal, hanya kendaraan beroda dua-lah yang bisa sampai ke depan air terjun Curug Bangkong. Itupun harus ekstra hati-hati karena, di samping berbelok-belok serta turun naik, di kiri dan kanan ruas jalan tersbut ada hamparan sawah.

0 komentar:

Posting Komentar